10 Aplikasi Pembuat Komik & Manga Digital Terbaik 2022

10 Aplikasi Pembuat Komik Terbaik Untuk Smartphone Yang Wajib Kamu Coba!

10 Aplikasi Pembuat Komik & Manga Digital Terbaik 2022

Mengetahui aplikasi pembuat komik diperlukan bagi mereka yang suka menggambar dan ingin mencoba membuat komik sendiri. Dengan adanya aplikasi ini tentunya akan lebih mudah untuk membuat komik versi digital. Menariknya, aplikasi ini juga bisa digunakan di smartphone sehingga memungkinkan pengguna menggambar di mana saja. Di bawah ini adalah penggunaan yang disarankan untuk membuat komik:
1. Aneh

Apakah Anda ingin mencoba berkreasi dan menuangkan imajinasi Anda ke dalam komik? Jika iya, coba aplikasi pembuat komik yang satu ini, Comika. Aplikasi ini tidak berbayar jadi gratis untuk digunakan dan juga sangat mudah digunakan. Pengguna tidak perlu menggambar manual dengan tangan untuk membuat komik yang menarik.

Aplikasi ini menyediakan mobil yang lebih sederhana. Artinya, cukup dengan memasukkan foto atau gambar ke dalam aplikasi. Setelah masuk, Comica akan memodifikasi file tersebut agar terlihat seperti gambar buku komik. Selain itu, ada juga banyak opsi filter menarik untuk membuat komik terlihat seperti gambar nyata.

Selain efek, pengguna juga dapat mengubah rona gambar dan menambahkan teks. Comica juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengatur saturasi, kecerahan dan kontras gambar.
2. Warna MediBang

Tidak seperti Comica yang dapat secara otomatis mengubah file gambar menjadi komik, aplikasi pembuat komik MediBang Paint justru menawarkan berbagai fitur. Aplikasi ini lebih ditujukan untuk seniman yang ingin membuat gambar digital. Jadi pengguna sebenarnya bisa menggambar karakter kartun secara manual.

Aplikasi ini lebih baik disebut aplikasi melukis. Ada berbagai macam alat yang dapat digunakan untuk membuat gambar kartun yang menarik. Untuk mengunduhnya, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu di situs web MediBang untuk mendapatkan akses unduhan dan cloud untuk menyimpan hasil gambar.
3. Studio Klip

Aplikasi ini digunakan oleh banyak artis karena memungkinkan Anda menggambar karakter kartun sesuka hati. Sayangnya, Clip Studio adalah aplikasi berbayar, sehingga pengguna harus membeli dan berlangganan aplikasi dengan harga $220 untuk mendapatkan akses ke fitur unggulan.

Selain banyak fitur unggulan, aplikasi berbayar ini juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan kustomisasi. Misalnya pengaturan resolusi gambar dengan banyak pilihan. Ada juga berbagai jenis kuas dan alat yang dapat digunakan untuk membuat karakter kartun.
4. Boneka lucu

Comic Puppets adalah aplikasi pembuat komik yang dapat digunakan baik untuk pengguna Android maupun iOS. Aplikasi ini juga sangat cocok bagi mereka yang suka menggambar dengan komik dan mengekspresikan kreativitasnya. Karena begitu banyak orang yang menggunakan aplikasi ini, maka dibentuklah sebuah komunitas bernama “Komik Dalang”.

Komunitas adalah tempat di mana pengguna dapat berbagi pekerjaan mereka satu sama lain. Kemudian juga untuk berbagi pengalaman dan trik dengan aplikasi Comic Puppets.
5. Pencipta Komik

Comic Book Creator juga merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk membuat komik. Pada dasarnya, aplikasi ini hanya membantu pengguna untuk mengonversi file gambar agar terlihat seperti komik. Jadi aplikasi ini tidak memungkinkan untuk membuat komik secara manual dengan menggambar karakter kartun.

Pengguna hanya perlu menyiapkan satu set file gambar dan kemudian memasukkannya ke dalam aplikasi. Setelah itu, pengguna bisa mengedit dengan berbagai fitur menarik. Selain efek dan format penulisan komik, aplikasi ini juga menawarkan bingkai dan kolase komik.
6. Pembuat komik dan meme

Comic & Meme Creator adalah aplikasi klasik yang dapat diunduh tanpa memuat memori internal ponsel cerdas Anda. Aplikasi ini juga sangat mudah dan tidak rumit untuk digunakan. Untuk membuat komik lucu dan menarik tidak akan memakan banyak waktu jika menggunakan aplikasi ini.

Berbagai karakter kartun sudah tersedia untuk dipilih. Pengguna tinggal memilih karakter yang diinginkan lalu menempelkannya ke dalam bingkai yang sudah ada. Meski klasik, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur menarik.

Pengguna dapat menambahkan objek tambahan seperti file foto dan gambar di galeri smartphone. Selain itu, ada juga area teks khusus untuk menambahkan narasi atau percakapan beberapa karakter kartun. Pengguna juga dapat menyimpan kreasi mereka dalam format GIF.

Sumber :