Perbedaan Contoh Explanation Text dan Report Text

Perbedaan contoh teks eksplanasi dan teks report untuk pelangi dan penjelasan lengkapnya

contoh-explanation-text

Teks eksplanasi dan teks laporan merupakan jenis teks yang paling sulit dibedakan karena memiliki struktur teks yang hampir sama. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan teks bahasa Inggris itu sendiri? dan ada berapa jenis?

Menurut Kamus Oxford, teks adalah buku atau karya tulis atau cetak lainnya yang dilihat dari isinya daripada bentuk fisiknya.

Ada banyak jenis teks dalam bahasa Inggris, tetapi yang paling umum digunakan adalah menceritakan kembali, laporan, deskripsi, narasi, prosedur, dan penjelasan. Teks di bawah ini membahas teks yang paling sulit dibedakan, yaitu teks eksplanasi dan teks laporan. Simak ini di KBI kawan!

Persamaan Perbedaan Teks eksplanasi dan report text tentang Pelangi beserta penjelasan lengkapnya Penjelasan

Explanatory text adalah jenis teks yang secara alami menggambarkan atau menjelaskan terjadinya suatu fenomena alam. Teks eksplanasi ditandai dalam bahasa Inggris dengan kata “how” atau “why”. Teks eksplanasi biasanya dapat ditemukan dalam geografi, sejarah, dll.

Report text adalah jenis teks yang menggambarkan atau melaporkan terjadinya suatu fenomena berdasarkan hasil observasi.

Persamaan teks eksplanasi dan teks laporan

Keduanya merupakan hasil observasi atau pengamatan yang dibuat sedemikian rupa sehingga bukan merupakan fiksi atau karangan.

Perbedaan antara teks eksplanasi dan teks laporan

Explanatory text menjelaskan terjadinya suatu peristiwa dan mengapa fenomena itu bisa terjadi, misalnya melalui pelangi, explanatory text menjelaskan bagaimana pelangi bisa terjadi dan mengapa itu terjadi.

Teks laporan menggambarkan status atau item yang dimiliki. Dalam pelangi, misalnya, elemen apa yang ada untuk menciptakan pelangi yang indah.
Struktur teks eksplanasi dan teks laporan

Teks eksplanasi terdiri dari:

  • Pernyataan umum
  • Penjelasan berurutan dari
  • mengapa atau bagaimana sesuatu terjadi (bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi)
  • Mematikan

Teks laporan terdiri dari:

  • Klasifikasi umum
  • keterangan

Contoh teks eksplanasi untuk Pelangi

Pelangi adalah fenomena aneh dan salah satu hukum alam yang paling tidak dipahami bagi kebanyakan orang. Mereka adalah cincin cahaya, sering kali Anda dapat melihatnya di langit, di air terjun, atau bahkan di penyiram taman pada hari yang sangat cerah. Entah bagaimana kita tidak bisa melihat ujungnya, dan ke mana pun kita pergi, mereka selalu terlihat seperti berada di tempat yang sama. Semua orang tahu bahwa pelangi tercipta ketika cahaya jatuh melalui tetesan air kecil dan memantul, tetapi artikel berikut akan menjelaskan dengan tepat mengapa pelangi muncul seperti itu.

Ketika cahaya jatuh melalui setetes air, kelengkungan permukaan dikombinasikan dengan kepadatan air dibandingkan dengan udara menyebabkan cahaya dibiaskan seperti prisma. Karena panjang gelombang cahaya yang berbeda dalam air bergeser pada sudut yang berbeda, kita mendapatkan efek prisma biasa, di mana cahaya dibagi menjadi pita warna yang berbeda. Jika demikian, kita berharap setiap tetes air yang terkena sinar matahari akan menciptakan “efek pelangi”, dan ini memang benar. Untuk setiap tetesan air yang terkena sinar matahari, ada sudut tertentu dari mana tetesan itu dapat dilihat, yang akan menunjukkan pola cahaya yang sesuai, meskipun melalui debu, air lain, dll. Itu membuat melihat pelangi tanpa jumlah besar tidak mungkin untuk tetesan kecil lebih dekat ke bola daripada tetesan besar.
Sekarang kita menempatkan diri kita pada posisi siapa pun yang melihat setetes air. Jika kita “menelusuri” garis yang diambil cahaya dari matahari ke kita, menjadi jelas bahwa setiap foton, tergantung di mana kita berada, telah digeser oleh sudut tertentu dan bahwa sudut ini sebenarnya menentukan warna cahaya karena kita mengubah perspektif kita sedikit karena beberapa warna luput dari pandangan kita sementara warna lain menjadi fokus. Hal pertama yang harus diingat adalah kita bisa melupakan cahaya yang tidak datang dari matahari atau cahaya yang terlalu sering memantul sebelum mengenai tetesan air. Cahaya ini kurang intens dan kurang terarah dan hanya dimaksudkan untuk menjadi bagian dari cahaya latar belakang yang membentuk langit biru kita.
*Perkataan:

  • Merah: penjelasan umum
  • Biru: penjelasan berurutan
  • Hijau: konten
  • Kuning: tutup

Terjemahan:
Pelangi adalah fenomena aneh dan salah satu hukum alam yang paling tidak dipahami bagi kebanyakan orang. Mereka berdering cerah, sering terlihat di langit, di air terjun atau bahkan di penyiram taman pada hari yang sangat cerah. Entah bagaimana kita tidak bisa melihat ujung-ujungnya, dan ke mana pun kita pergi, mereka sepertinya selalu berada di tempat yang sama. Semua orang tahu bahwa pelangi tercipta ketika cahaya jatuh melalui tetesan kecil air dan memantul di sekitarnya, tetapi artikel berikut menjelaskan dengan tepat mengapa pelangi terlihat seperti itu.

Ketika cahaya jatuh melalui setetes air, kelengkungan permukaan, dikombinasikan dengan kepadatan air dibandingkan dengan udara, menyebabkan cahaya dibiaskan seperti prisma. Karena panjang gelombang cahaya yang berbeda bergeser pada sudut yang berbeda dalam air, kita mendapatkan efek prisma cahaya biasa, yang dibagi menjadi pita warna yang berbeda. Jika demikian, kita berharap setiap tetes air yang terkena sinar matahari akan menciptakan “efek pelangi”, dan ini memang benar. Untuk setiap tetes air yang terkena sinar matahari, ada sudut tertentu di mana tetesan tersebut dapat dilihat, yang menunjukkan pola cahaya yang sesuai, meskipun gangguan dari debu, air lain, dll. membuat pelangi tidak dapat dilihat tanpa tetesan kecil , yang lebih bulat dari tetesan, massa yang besar.

Sekarang mari kita menempatkan diri kita pada posisi orang-orang yang melihat tetesan air. Jika kita ‘mengikuti’ garis cahaya yang memancar dari matahari kita, jelas bahwa setiap foton digeser oleh sudut tertentu tergantung pada lokasi kita dan sudut ini sangat menentukan warna cahaya, karena perubahan satu kita adalah lebih mudah Angle membuat beberapa warna kehilangan mata kita sementara warna lain menjadi fokus. Hal pertama yang harus diingat adalah kita bisa melupakan cahaya yang tidak berasal dari matahari, atau cahaya yang terlalu sering memantul sebelum mengenai setetes air. Cahaya ini kurang intens dan tanpa arah dan hanya dimaksudkan sebagai cahaya latar belakang yang membuat langit kita menjadi biru.

Contoh teks laporan tentang Pelangi
Pelangi adalah fenomena optik dan meteorologi yang menciptakan spektrum cahaya di langit saat matahari bersinar saat hujan. Pesan, warnanya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Pelangi tercipta ketika cahaya dibiaskan oleh tetesan air di udara. Itulah mengapa kamu selalu melihat pelangi setelah hujan. Itu melengkung di udara sebagai tetesan air bulat. Tapi biasanya bagian bawah pelangi “dilindungi” oleh bumi. Pelangi fenomenal juga bisa dilihat dengan punggung matahari dan percikan air di hari yang cerah

Pelangi tercipta dari pembiasan sinar matahari oleh tetesan air. Ketika sinar matahari jatuh melalui tetesan air, misalnya ketika telah dibiaskan oleh prisma kaca. Jadi dalam tetesan air kita memiliki warna yang berbeda dari satu sisi ke sisi lain tetesan air. Bagian dari cahaya berwarna kemudian dipantulkan dari sisi lain pada tetesan air, lagi dan lagi dari tetesan air

Menerjemahkan:
Pelangi adalah fenomena optik dan meteorologi yang menciptakan spektrum cahaya di langit saat matahari bersinar saat hujan. Urutan, dalam warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Pelangi tercipta ketika cahaya dipantulkan oleh tetesan air di udara. Itulah mengapa pelangi selalu terlihat setelah hujan. Itu melengkung di udara sebagai tetesan air bulat. Tapi biasanya bagian bawah pelangi “dilindungi” oleh bumi. Pelangi fenomenal juga dapat dilihat dengan punggung matahari dan semprotan air pada hari yang cerah

Pelangi diciptakan oleh pembiasan sinar matahari oleh tetesan. Ketika cahaya jatuh melalui setetes air, seperti ketika dibiaskan oleh prisma kaca. Jadi dalam setetes air kita memiliki warna yang berbeda dari satu sisi ke sisi lainnya. Beberapa cahaya berwarna kemudian berulang kali dipantulkan oleh tetesan air dari sisi lain tetesan air
*Perkataan:

  • Merah: klasifikasi
  • Biru: deskripsi

Bagaimana dengan teman-teman KBI, apakah materinya cukup sederhana? jika tidak, pahami sekali lagi, kan? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi kita semua Semangat belajar bahasa Inggris!

Sumber :