Manfaat Selimut Thermal di Alam Bebas

Manfaat Selimut Thermal di Alam Bebas

Manfaat-Selimut-Thermal-di-Alam-Bebas-

Selimut thermal masih asing di Indonesia, jenis selimut hanya digunakan oleh survivor atau orang orang yang beraktifitas di alam liar. Namun bukan berarti Anda tak boleh diam saja ketika tak tahu apa itu selimut jenis ini.

Lebih dikenal sebagai thermal blanker, selimut ini merupakan selimut darurat. Bentuknya cukup tipis dibandingkan dengan selimut pada umumnya, namun memiliki manfaat yang besar. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai thermal blanket yang akan membantumu Anda.

Penjelasan Manfaat Selimut Thermal

Bisa Menghangatkan Tubuh

Sebagaimana selimut pada umumnya, fungsi utama dari selimut thermal adalah menghangatkan tubuh. Suhu tubuh yang stabil akan membuat aktifitas menjadi lebih mudah, terutama jika berada di alam liar.

Membungkus Peralatan

Selain digunakan untuk menghangatkan tubuh, selimut ini juga memiliki fungsi lain. Yani membungkus tubuh atau barang barang agar tetap kering, misalnya sepatu atau tas. Dengan begitu, peralatan tetap kering dan bisa digunakan kembali nanti.

Menjadi Cermin Sinyal

Dalam kondisi di alam liar, banyak hal bisa terjadi, salah satunya adalah salah jalan atau tersesat. Apabila ini terjadi, Anda bisa memanfaatkan selimut ini untuk memberikan sinyal dalam bentuk pantulan cermin.

Anda bisa menggunakan pantulan cahaya matahari yang memantul dari selimut thermal ini. Dengan bantuan sinyal cahaya tersebut, Anda bisa meminta pertolongan kepada orang lain. Cara ini juga dianggap lebih efektif dibandingkan menggunakan sinyal asap.

Menangkap Ikan

Selimut jenis thermal yang tahan air bisa Anda manfaatkan untuk menangkap ikan. Caranya juga tak sulit, Anda bisa memotongnya kecil kecil, kemudian mengaitkannya di kail. Ikan akan tertarik dengan warna selimut yang metalik.

Mengeringkan Pakaian dengan Selimut Thermal

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan selimut ini untuk mengeringkan pakaian yang sudah kepalang basah. Jika pakaian basah, kemungkinan hipotermia bisa terjadi, yang bisa membuat aktifitas tak bisa dilakukan dengan maksimal.

Dengan mengetahui berbagai manfaat selimut thermal tersebut, Anda tak perlu merasa ragu untuk membelinya. Pembelian selimut ini bisa dilakukan secara daring ataupun secara konvensional dengan datang ke toko survival.