Mempercepat Akselerasi Windows 10

Bagaimana Mempercepat Akselerasi Windows 10 – Tanpa Lag Tidak Lambat!

Masalah Windows 10 yang lambat sering kali dapat terjadi, terutama jika Anda mendapatkan Windows 10 dengan mengupgrade Windows 7 atau 8. Pasti akan banyak kesalahan.

Bagaimana-Memperlcepat-Akselerasi-Windows-10

Dalam posting ini, saya akan menjelaskan cara mempercepat Windows 10 yang lambat agar lebih mudah dan tidak terlalu lambat. Kami hanya perlu sedikit bekerja pada bagian-bagian penting yang paling menentukan kinerja Windows 10 kami.

Cara mempercepat Windows 10

1. Hapus program standar yang tidak perlu dan program lama yang kedaluwarsa

Saat menginstal Windows 10, banyak program asli diinstal secara otomatis. Sebagian besar program ini tidak terlalu membutuhkan kita.

Jika Anda mendapatkan Windows 10 dengan mengupgrade Windows 7 atau Windows 8, pasti ada banyak program standar dari Windows versi lama yang masih “hang” tetapi tidak bisa lagi digunakan di Windows 10 karena masalah kompatibilitas.

Untuk meningkatkan kinerja Windows 10 kami agar lebih cepat, program-program ini harus dihapus. Anda perlu tahu bahwa saat program default ini dimuat, sebagian besar dimuat saat Windows 10 dimulai.

Program-program ini menghabiskan sumber daya RAM dan CPU kami yang harus dialokasikan untuk pekerjaan lain yang lebih penting. Ini dapat menyebabkan Windows 10 menjadi lambat, terutama jika spesifikasi minimum Windows 10 hampir tidak cukup.

Untuk menghapus program standar yang tidak perlu, Anda dapat melakukannya dari menu Apps & Features. Masukkan “aplikasi” di bilah pencarian Windows dan pilih “Tambah atau Hapus Program”.
Aplikasi dan fitur Windows 10

Setelah masuk ke menu Apps & Features, Anda akan melihat daftar panjang program di Windows 10. Semua program standar ditampilkan di menu ini. Pilih program yang tidak perlu dan klik Uninstall.
Hapus program Windows 10 default untuk membuatnya lebih cepat daripada lambat

Setelah Anda merasa semua program default yang tidak perlu telah dihapus, Anda juga dapat masuk ke Control Panel> Programs and Features. Mungkin ada beberapa program lama yang tidak lagi kompatibel dengan Windows 10. Anda dapat menghapusnya untuk mengosongkan lebih banyak ruang C dan mengurangi beban RAM.

2. Kurangi program startup yang tidak perlu

Langkah kedua dalam mengatasi Windows 10 yang lambat adalah mengurangi jumlah program yang berjalan saat startup.

Ketika Windows mulai, semua program start dimuat secara otomatis. Jika terlalu banyak, dapat menyebabkan Windows kita memuat dengan lambat saat pertama kali kita menyalakan laptop.

Untuk mengatasinya, kita perlu menonaktifkan program startup yang tidak perlu. Untuk melakukan ini, buka Task Manager, buka tab Startup, sorot program yang ingin Anda nonaktifkan dan klik Disable> Restart PC.
Matikan program startup yang tidak perlu

Harap klarifikasi program startup mana yang memuat Windows dan tidak terlalu penting, lalu matikan semuanya.

Beberapa program yang memerlukan proses sinkronisasi saat pertama kali diluncurkan, seperti Dropbox dan Auto-Updater, harus dinonaktifkan saat startup karena ini dapat memperlambat Windows saat Anda menyalakannya.
3. Matikan power plan

Cara selanjutnya untuk mempercepat Windows 10 yang lambat adalah dengan mematikan fitur hemat daya di pengaturan opsi daya laptop Anda.

Fitur hemat daya ini memang berguna untuk memperpanjang masa pakai baterai dan memperpanjang umurnya. Namun, fitur ini juga secara otomatis mengurangi kinerja Windows 10 kami dengan menonaktifkan layanan yang dianggap tidak penting oleh sistem. Ini bisa membuat Windows sedikit lebih lambat dari biasanya.

Untuk mematikannya, pergi ke Control Panel> Power Options> pindahkan kotak centang dari Sleep Mode ke Balanced.
Ubah pengaturan hemat energi

Setelah melakukan itu, Anda mungkin perlu me-restart laptop terlebih dahulu agar perubahannya bisa dirasakan. Fungsi hemat energi ini bisa diaktifkan kembali nanti, saat baterai laptop kosong atau sedang beraktivitas.
4. Matikan transparansi dan efek animasi

Windows 10 memang memiliki desain dan efek animasi yang bagus, namun terkadang kehadirannya justru membuat sistem Windows kita lebih berat. Apalagi jika spesifikasi teknis laptop atau PC kita biasa-biasa saja, efek yang tidak terlalu penting ini justru bisa memperlambat Windows.

Untuk mengatasinya, kita perlu menonaktifkan fitur efek animasi di Windows 10 yang tidak kita butuhkan. Hal pertama yang perlu dinonaktifkan adalah fitur “Efek Transparansi”. Fungsi ini digunakan untuk membuat efek transparan pada tampilan Startm

 

Lihat Juga :