Cara Menanggapi Isi Laporan Milik Orang Lain

Bagaimana bereaksi terhadap konten laporan

Tentu saja, sebelum mengirimkan tanggapan atas laporan tersebut, Anda perlu mendengarkan dan benar-benar memahami isi laporan yang akan Anda tanggapi. Konsentrasi yang baik dibutuhkan saat mendengarkan bacaan.

 

Cara-Menanggapi-Isi-Laporan-Milik-Orang-Lain

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://www.berpendidikan.com/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Tentu saja, jika Anda adalah pendengar yang baik, Anda bisa mendapatkan seluruh konten laporan dan memberikan masukan tentang topik yang disebutkan dalam laporan.

Jawaban atas isi laporan dapat dialamatkan atau dialamatkan

1) kelengkapan isi laporan, 2) kejelasan isi laporan dan 3) kesederhanaan dalam penyediaan isi laporan.

Contoh laporan singkat

Dengarkan baik-baik laporan berikut!

pencemaran lingkungan

Polusi adalah masalah kita bersama dan solusinya menjadi semakin penting. Ini karena polusi memengaruhi keselamatan, kesehatan, dan kehidupan kita.

Setiap orang, termasuk kita, dapat berpartisipasi dalam mengatasi masalah pencemaran ini. Mulai dari lingkungan terkecil, diri kita sendiri, hingga lingkungan yang lebih luas. Banyak masalah polusi yang harus kita selesaikan bersama.

Ini termasuk polusi air tanah dan sungai, polusi udara kota, polusi tanah dari sampah, hujan asam, perubahan iklim global, penipisan lapisan ozon, polusi zat radioaktif, dll.

Dalam mengatasi masalah pencemaran ini tentunya kita perlu mengetahui sumber pencemar, cara kerja proses pencemaran tersebut, dan cara melakukan tindakan untuk mengatasi pencemaran itu sendiri.

Sumber pencemaran

Polutan berasal dari banyak sumber dan masuk ke udara, air dan tanah dengan berbagai cara. Polutan udara terutama berasal dari kendaraan bermotor, industri dan limbah pembakaran. Polutan udara juga bisa muncul dari aktivitas vulkanik.

Pencemaran sungai dan air tanah terutama disebabkan oleh kegiatan rumah tangga, industri dan pertanian. Limbah cair domestik terutama berupa BOD, COD dan bahan organik. Air limbah industri menghasilkan BOD, COD, zat organik dan berbagai polutan beracun. Limbah cair dari kegiatan pertanian terutama berupa nitrat dan fosfat.

Proses pencemaran

Proses pencemaran bisa langsung atau tidak langsung. Polutan memiliki efek keracunan langsung. Hal tersebut dapat mengganggu kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan atau mengganggu keseimbangan ekologi, baik itu air, udara maupun tanah.

Proses tidak langsung dimana beberapa zat kimia di udara, air dan tanah bereaksi dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Ada efek langsung polutan, misalnya berupa gangguan kesehatan langsung (sakit akut) atau setelah jangka waktu tertentu (sakit menahun).

Memang alam memiliki kemampuannya sendiri dalam mengatasi pencemaran (restorasi diri), tetapi alam memiliki batasan. Setelah melewati batas ini, polutan tetap berada di alam atau terakumulasi dan kemudian mempengaruhi manusia, material, hewan, tumbuhan dan ekosistem.

Langkah pemrosesan

Solusi dari masalah pencemaran terdiri dari tindakan pencegahan dan pengendalian. Tindakan pencegahan umumnya mengurangi polutan dari sumbernya untuk menghindari pencemaran lingkungan yang lebih besar. Di sekitarnya, misalnya dengan mengurangi jumlah limbah, penggunaan kembali, dan daur ulang.

Di sektor industri misalnya dengan mengurangi jumlah penggunaan air, mengurangi jumlah limbah dan mengurangi keberadaan bahan kimia PBT (Persistent, Bioaccumulative and Toxic) dan secara bertahap menggantinya dengan Green Chemistry.

Kimia hijau adalah semua produk dan proses kimia yang mengurangi atau menghilangkan zat berbahaya. Tindakan preventif juga bisa dilakukan dengan mengganti peralatan rumah tangga atau bahan bakar bermotor dengan bahan yang lebih ramah lingkungan.

Pencegahan juga dapat dilakukan melalui tindakan pelestarian alam, penggunaan energi alternatif, penggunaan alat transportasi alternatif dan pembangunan berkelanjutan. Tindakan pengendalian sangat penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.

Pengendalian dapat berupa pembuatan standar kualitas lingkungan, pemantauan lingkungan, dan penggunaan teknologi untuk mengatasi permasalahan lingkungan. Masalah global seperti perubahan iklim, menipisnya lapisan ozon dan pemanasan global menuntut semua pihak untuk bekerja sama dari satu negara ke negara lain.
(Sumber: www.kitada.eco Minggu, 27 Januari 2008,
dengan perubahan)

Setelah Anda menyimak laporan dan memahami isinya, Anda dapat memberikan tanggapan berupa masukan, pertanyaan, saran, ungkapan persetujuan atau ketidaksetujuan, dan kritik. Yang perlu selalu Anda ingat adalah setiap jawaban harus disertai dengan alasan yang masuk akal dan tidak muncul dari masalah yang menjadi inti dari laporan.

Contoh menanggapi konten laporan

Contoh tanggapan yang dapat Anda berikan atas isi laporan di atas adalah sebagai berikut.

Menanggapi isi laporan tersebut, saya dapat menyampaikan beberapa hal, diantaranya sebagai berikut.

1) Saya sangat tertarik dengan isi laporan yang disampaikan. Hal ini terkait dengan kenyataan tentang pencemaran yang meluas dan lingkungan sekitar kita. Dari laporan ini kita dapat memperoleh wawasan tentang bagaimana kita harus melindungi lingkungan kita dengan segera.

2) Beberapa hal yang menurut saya kurang lengkap adalah penjelasan upaya penanggulangan pencemaran. Betapa jauh lebih baik laporan itu karena ia juga memperkenalkan cara-cara praktis dan mudah menangani polusi.

3) Saya sangat setuju dengan isi laporan yang disajikan sehubungan dengan langkah-langkah yang diambil untuk menghilangkan polusi. Ini karena langkah terakhir mudah dilakukan oleh semua orang. Dengan demikian, pencemaran dapat dengan mudah diminimalkan atau bahkan dihilangkan sama sekali.

Ini adalah pembahasan dan penjelasan lengkap tentang cara kami menanggapi konten laporan dan contoh cara menanggapi konten laporan, beserta contoh laporan singkat.

Lihat Juga: Barisan Geometri