7 Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti”

Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Berhenti Tepat

7 Cara Mengatasi "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti"

Saat aplikasi mogok, sistem operasi Android akan mengirimkan pesan notifikasi popup yang berisi “Sayangnya aplikasi telah berhenti” atau bagi yang mengatur ponsel dalam bahasa Inggris pemberitahuan “Sayangnya telah berhenti”.

Kemudian di bawahnya disediakan dua tombol perintah yaitu tombol Wait dan Force Stop. Agar lebih bijak dalam menyikapi respon yaitu dengan menekan pilihan Force Stop.

Karena kita tidak tahu, walaupun tombol yang kita tekan adalah tombol Tunggu, kita tidak tahu sampai kapan sistem program akan berhenti.

Berikut ini kami punya cara lain untuk mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti, lebih tepatnya sebagai sikap atau tindakan untuk mengantisipasi kemungkinan aplikasi crash. Repot juga kalau file data yang kita ketik belum tersimpan, atau saat kita lagi main game tiba-tiba aplikasi keluar paksa, pasti gak keren.

Untuk cara mengatasi sayangnya aplikasi terhenti, sudah kami rangkum pada segmen pembahasan di bawah ini, silahkan simak lebih lanjut.
Penyebab Aplikasi Crash (Paksa Berhenti)

Sebenarnya apa sih yang membuat aplikasi di hp android kita crash dan tiba-tiba keluar seperti ini? Penting untuk Anda ketahui karena beberapa penyebab di bawah ini bisa diantisipasi dan ada baiknya mengambil sikap cermat untuk memperhatikan bagian dalam ponsel sesuai dengan kemampuan masing-masing spek.
1. Memori RAM Penuh

RAM merupakan komponen yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Sifat komponen perangkat keras ini adalah untuk menyimpan memori sementara pada saat dibutuhkan, seperti saat membuka dan menjalankan aplikasi.

Jika terlalu banyak perintah multitasking, RAM bisa penuh dan memaksanya untuk secara otomatis menghentikan program jika cukup berat.
2. Tumpukan File Cache

Bagi pengguna yang jarang membersihkan file sampah seperti cache, tentunya jika dibiarkan dalam waktu lama akan menumpuk dan membuat penyimpanan memori data aplikasi penuh.

Cache memang harus sering dibersihkan, keuntungan menghindari aplikasi crash juga bisa membuat kecepatan navigasi menjadi lancar.
Apakah Anda menggunakan ponsel dengan merek Xiaomi? Apa ROM yang Anda gunakan? Jika belum tahu, silahkan ikuti cara cek ROM Xiaomi.
3. OS Sistem Tidak Memperbarui

Terkadang sistem OS yang lama bisa menjadi penyebab mengapa aplikasi sering crash.

Dewasa ini perkembangan yang dilakukan dalam pembuatan sistem program aplikasi sudah sangat canggih.

Jika tidak diimbangi dengan pembaruan perangkat OS terbaru, pasti ada bagian sistem yang tidak kompatibel dengan menjalankan perintah. Selain itu, pembaruan juga dapat membersihkan bug.
4. Bug

Bug tersebut bisa dikatakan 100% unfinished development solution, jika sistem tidak disempurnakan maka internal smartphone juga akan tetap dengan bug versi sebelumnya. Cara menghilangkannya bisa dengan mengupdate sistem android.

[powerkit_separator style=”dotted” height=”3″]
Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti

Saatnya kita masuk ke pembahasan cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti, dibawah ini telah di berikan beberapa poin penting dan silahkan coba di eksekusi satu persatu.
1. Update Aplikasi Update aplikasi yang sering crash

Perhatikan umur versi aplikasi yang crash saat digunakan, silahkan cek di layanan playstore jika sudah waktunya update tap tombol update untuk update.

Karena dengan cara ini pengembang dapat memberikan versi layanan yang ditingkatkan termasuk menghindari sistem crash.
2. Hapus Cache Dan Data Aplikasi

Menguras file penyimpanan suatu aplikasi dimaksudkan agar sisa sampah berguna atau virus yang tertinggal hilang. Metode :

Buka pengaturan.
Ketuk menu Aplikasi. Klik Menu Aplikasi
Cari software yang sering crash. Buka Aplikasi yang Sering Crash
Tekan bagian Penyimpanan. Pilih Penyimpanan
Tekan tombol Clear Data kemudian Clear Memory. Ketuk Clear Can And Clear Memory
Silakan coba dulu.

File di ponsel Android dapat disembunyikan (hidden), untuk menemukannya. Silakan ikuti langkah-langkah tentang cara menampilkan file tersembunyi di Android.
3. Instal Ulang Aplikasi

Jika cara update masih tidak memberikan solusi, coba uninstal aplikasi, lalu buka Playstore dan cari software untuk menginstal ulang.

Tujuannya agar data yang tersimpan di HP diatur dan diganti dengan program data baru.

Sumber :