Lengkap dan bukan metamorfosis: definisi, persamaan, contoh

Lengkap dan bukan metamorfosis: definisi, persamaan, contoh

Definisi metamorfosis

Metamorfosis adalah perubahan / evolusi biologi yang terjadi secara utuh pada makhluk hidup dari telur menjadi dewasa dengan mengalami perubahan anatomi, morfologi dan fisiologi. Perubahan fisik melalui pertumbuhan dan diferensiasi sel yang radikal dan dinamis.

Lengkap-dan-bukan-metamorfosis-definisi-persamaan-contoh

Singkatnya, metamorfosis adalah “proses perkembangan biologis yang melibatkan perubahan bentuk struktur dan perubahan fungsi organ pada makhluk hidup”. ”

Perbedaan dan Persamaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Metamorfosis sempurna membutuhkan waktu yang cukup lama, sedangkan meta yang tidak sempurna membutuhkan waktu yang cukup singkat.
Metamorfosis yang tidak sempurna tidak terlalu banyak mengubah bentuknya, yang artinya memiliki bentuk yang serupa ketika kecil di masa dewasa. Saat metamorfosis selesai, perubahan bentuk terlihat.

Contoh metamorfosis tidak sempurna: Kecoa: telur-> nimfa-> kecoak dewasa

Contoh metamorfosis sempurna: kupu-kupu “: telur -> ulat -> kepompong -> kupu-kupu” dewasa

Jenis metamorfosis

Di bawah ini adalah jenis metamfosis yang harus Anda ketahui:

Metamorfosis sempurna (holometabolite)

Metamorfosis sempurna adalah holometabolisme. Dalam holometabolisme, larva ini sangat berbeda dari saat dewasa.

Serangga ini hanya melakukan holometabolisme pada stadium larva, kemudian memasuki fase dorman yang disebut pop atau pupa, dan akhirnya menjadi dewasa.

Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang melalui tahapan dari citra pop larva (dewasa).

Contoh metamorfosis sempurna terjadi pada katak, nyamuk, dan kupu-kupu.

Tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi dalam metaorphisme sempurna meliputi:

Fase telur. Hewan betina bertelur di tempat yang cocok untuk perkembangan keturunannya di masa depan.

Hal ini terjadi, misalnya pada kupu-kupu yang bertelur di permukaan daun karena larva atau anak-anaknya adalah herbivora.

Pada tahap ini sel telur, embrio yang membuahi sel telur dengan sperma, terus menerus membelah dan membentuk organ hingga akhirnya bergantung pada jenisnya.

Telur nyamuk ini memiliki struktur yang ringan dan ramping sebagai rakit. Ahli nyamuk juga meletakkan telur di permukaan air yang tenang.

Ini karena jentik-jentik nyamuk harus menghabiskan hidupnya di dalam air. Setelah waktu yang ditentukan, telur tersebut menetas pada larva atau anak hewan.

Fase larva. Pada tahap ini larva atau juvenil juga sangat aktif dalam memberi makan. Induk betina bertelur dengan nutrisi yang tepat.
Lihat juga: Memo Is

Ulat, larva kupu-kupu dapat menghabiskan dedaunan di tempat mereka berada atau di atasnya. Larva hewan yang sudah memiliki exoskleton (rangka luar) seperti B. serangga mengalami perubahan kulit atau eksorsisme atau kebosanan.

Ini juga karena fakta bahwa ukuran tubuh bertambah, sehingga diperlukan eksoskleton baru untuk ukuran tubuh yang meningkat.

Perubahan kulit dapat terjadi hingga beberapa kali dan pada titik waktu tertentu larva berhenti makan dan memasuki fase selanjutnya yaitu menjadi wayang. Perubahan ini dapat dikontrol oleh hormon di dalam tubuh larva.

Fase pupa. Wayang atau KEPOMPOM merupakan fase transisi. Tubuh kepompong dilindungi oleh kerangka luar yang keras, yang disebut juga cola.

Pada titik ini, sebagian besar serangga berada dalam keadaan tidak aktif (makan). Di balik kepompong, tubuh pupa sangat aktif dalam pembentukan organ dan bentuk hewan dewasa.

Kebutuhan energi dari cadangan makanan dalam tubuh larva. (Tahap larva adalah makanan yang sangat aktif, dan beberapa makanan disimpan untuk tahap kepompong.)

Fase kepompong berlangsung sangat berbeda.

Fase Imago (untuk dewasa). Hingga waktu yang ditentukan, kepompong akan muncul dari cangkang hewan dewasa (imago) dengan bentuk yang sangat berbeda.

 

 

LIHAT JUGA :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/
https://ruangseni.com/
https://www.kakakpintar.id/
https://www.belajarbahasainggrisku.id/
https://duniapendidikan.co.id/
https://pengajar.co.id/
https://ppidkabbekasi.id/
https://appbrain.co.id/
https://nomorcallcenter.id/
https://callcenters.id/