Partai politik adalah: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Contoh

Partai politik adalah: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Contoh

Definisi partai politik

Menurut Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik, partai politik adalah organisasi yang bersifat kebangsaan, yang juga dibentuk secara sukarela oleh beberapa golongan warga negara Indonesia atas dasar kemauan atau usaha yang sama untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik Anggota, masyarakat, bangsa, dan negara serta dapat menjunjung tinggi keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Partai-politik-adalah-Pengertian-Tujuan-Fungsi-Contoh

Secara umum, partai politik adalah organisasi yang diselenggarakan secara tertib dan mantap, dibentuk oleh sekelompok orang secara sukarela, dengan kemauan, aspirasi, dan kesamaan ideologi tertentu, serta berupaya mempertahankan kekuasaan melalui pemilihan umum, untuk menjadikan ini kenyataan sebagai alternatif pedoman atau program yang mereka buat.

Tujuan partai politik

Menurut Surbakti, fungsi utama parpol adalah mencari dan mempertahankan kekuasaan untuk melaksanakan program berdasarkan ideologi tertentu. Namun, dari sini, parpol juga dapat menjalankan sejumlah fungsi lain. Fungsi lainnya adalah sosialisasi politik, rekrutmen politik, partisipasi politik, integrasi kepentingan, komunikator politik, pengendalian konflik dan kontrol politik. Menurut Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008, Pasal 10 dalam Saputra (2015: 175), tujuan partai

politik secara khusus adalah:

Meningkatkan partisipasi politik anggota atau masyarakat dalam melakukan kegiatan politik dan pemerintahan.
Memperjuangkan cita-cita partai politik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Membangun sikap dan budaya politik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Fungsi partai politik
Partai politik berperan sebagai sarana:
A. Partai politik sebagai usulan komunikasi politik

Komunikasi politik merupakan proses penyampaian informasi politik dari pemerintah kepada masyarakat dan sebaliknya dari masyarakat ke pemerintah. Partai politik bertugas di sini untuk mengambil, mengumpulkan (memproses atau menyalurkan) upaya politik masyarakat saat merumuskan dan menentukan kebijakan.

Misalnya: dalam lingkungan sekolah, OSIS dibandingkan dengan partai politik. Jika ada aspirasi atau permasalahan yang ditanyakan kepada siswa, seperti perbaikan fasilitas sekolah. Saat itu terjadi interaksi antara siswa dan OSIS yang membahas tentang minimnya fasilitas sekolah. Selain itu OSIS ini akan menyampaikan aspirasi / tuntutan siswa terhadap sekolah. Interaksi antara siswa (masyarakat), OSIS (partai politik) dan sekolah (pemerintah) merupakan salah satu bentuk komunikasi. OSIS sebagai sarana komunikasi antara siswa dengan sekolah. Dalam kehidupan politik negara sampel, dapat dibandingkan dengan komunitas pelajar, OSIS adalah partai politik dan kepala sekolah adalah pemerintah.
B. Partai politik sebagai sarana sosialisasi politik

Dalam sosialisasi politik, sikap dan juga orientasi politik dilakukan terkait dengan fenomena politik yang dialami di suatu negara. Proses ini disampaikan melalui pendidikan politik. Sosialisasi yang sering dilakukan di depan umum oleh partai politik terdiri dari pengenalan program-program partai. Oleh karena itu, masyarakat umum diharapkan dapat memberikan suara yang benar pada partai politik dalam pemilihan umum.

Contoh: Memberikan program dari partai politik pada acara kampanye hari prapemilu. Inilah salah satu fungsi Papol sebagai sarana sosialisasi politik.
C. Partai politik sebagai sarana rekrutmen politik

Rekrutmen politik adalah proses memilih dan menunjuk seseorang atau kelompok untuk menjalankan berbagai peran dalam sistem politik atau pemerintahan. Atau bisa juga dikatakan proses pemilihan dan pengangkatan seseorang atau kelompok untuk mengambil satu atau lebih jabatan politik dan mewakili partai politik di suatu daerah tertentu. Rekrutmen politik ini digunakan untuk mencari orang-orang yang berbakat atau berkompeten untuk aktif dalam kegiatan politik.

 

LIHAT JUGA:

 

https://imii.co.id/
https://apartemenjogja.id/
https://bingo.co.id/
https://youtubers.id/
https://lakonlokal.id/
https://pesantrenkilat.id/
https://sorastudio.id/
https://balikpapanstore.id/
https://excite.co.id/
https://technicracy.com/