Pengertian Membaca Cepat Menurut Ahli

Definisi Kecepatan Membaca

Membaca cepat adalah memahami menulis dengan cepat dan jelas. Seiring dengan membaca, pikiran harus memahami arti dari apa yang sedang dibaca. Karena dibutuhkan kecepatan pikiran dan hati dalam membaca dan memahami tulisan. Keakuratan dan kecepatan membaca juga akan berkembang secara otomatis jika Anda sering berlatih membaca. agar dapat membaca dengan cepat dengan memperoleh pemahaman yang akurat tentang isi bacaan.

 

Pengertian-Membaca-Cepat-Menurut-Ahli

Definisi Kecepatan Membaca

Membaca cepat adalah memahami menulis dengan cepat dan jelas. Seiring dengan membaca, pikiran harus memahami arti dari apa yang sedang dibaca. Karena dibutuhkan kecepatan pikiran dan hati dalam membaca dan memahami tulisan. Keakuratan dan kecepatan membaca juga akan berkembang secara otomatis jika Anda sering berlatih membaca. agar dapat membaca dengan cepat dengan memperoleh pemahaman yang akurat tentang isi bacaan.

Membaca cepat merupakan kegiatan membaca yang bertujuan untuk mendapatkan banyak hasil dalam waktu yang relatif singkat.

Menurut Keke T. Aritonang (2006)

Kecepatan membaca adalah membaca dengan kecepatan tinggi, hampir seluruh materi dibaca dalam waktu tertentu, disertai pemahaman isi 70%. Materi dalam hal ini adalah banyaknya kata yang terdapat dalam sebuah bacaan, sedangkan waktu tertentu artinya membutuhkan waktu untuk memahami bahan bacaan tersebut. Waktu yang digunakan dalam speed reading adalah satuan waktu yaitu menit. Dan pemahaman isi bacaan 70% artinya, setelah selesai membaca minimal pembaca sudah menguasai isi bacaan sebanyak 70%.

Menurut Prastiti:

Membaca cepat dilakukan jika pembaca ingin mendapatkan gagasan pokok wacana dalam waktu yang relatif singkat, tetapi juga mendapatkan hasil bacaan yang banyak. Dua faktor yang tidak dapat diabaikan dalam jenis pembacaan ini adalah kecepatan dan akurasi. Hal-hal yang dapat menghambat kecepatan membaca sebaiknya dihindari seperti regresi, vokalisasi, membaca kata demi kata, kalimat demi kalimat, dan sebagainya.

Macam Teknik Membaca Cepat

Teknik speed reading ada 2 (dua) macam, berikut penjelasannya di bawah ini

1). Memindai

Snanning juga dikenal untuk membaca scan. Scanning adalah teknik membaca cepat untuk menemukan informasi yang Anda inginkan. Anda tinggal mencari ide atau kata kunci, terkadang Anda sudah tahu apa yang Anda inginkan sehingga pikiran Anda akan fokus mencari jawaban.

Pemindaian menggerakkan mata dengan cepat di setiap halaman. Saat memindai, tulisan tampak seperti penomoran, langkah seperti satu, dua, tiga, dll., Kata yang dicetak tebal, miring atau berbeda ukuran font, gaya pencetakan, atau warna. Terkadang penulis memberikan ide utama seperti ini. Jika Anda membaca buku standar, gunakan indeks untuk menggunakan ide atau kata kunci. Teknik membaca pemindaian adalah membaca sekilas dengan cepat.

2). Peluncuran

Skimming adalah teknik membaca cepat untuk mengidentifikasi ide utama sebuah teks. Anda tidak perlu membaca kata demi kata seperti bacaan biasa. Kecepatan membaca mampu mencapai 3-4 kali lebih cepat dari biasanya. Seseorang akan menggunakan teknik ini jika ada begitu banyak teks untuk dibaca dalam waktu terbatas. Gunakan teknik skimming untuk melihat apakah teks yang kita baca adalah yang kita butuhkan.

Langkah awal skimming pada awalnya sama dengan preview, yaitu dengan cepat membaca judul, subheading kemudian membaca kalimat pertama atau terakhir karena biasanya ide atau idenya ada pada posisi tersebut. Ingatlah selalu bahwa teknik membaca skimming mencari informasi spesifik, bukan hanya pemahaman yang menyeluruh. Ide utama juga akan tercermin dalam fakta-fakta yang disajikan dalam tabel, grafik dan bagan. Teknik membaca skimming ini adalah teknik membaca cepat. Teknik membaca sekilas berarti kita dengan cepat membaca teks untuk memilih ide-ide penting dari teks (tindakan untuk mengekstrak esensi atau esensi sesuatu).

Tujuan Membaca Cepat

Membaca cepat tentunya memiliki tujuan, tujuannya agar dalam waktu yang relatif singkat kita bisa mendapatkan hasil dan memahami bacaan sebanyak-banyaknya. Mengapa membaca cepat sangat penting? Hampir semua informasi yang kita dapat dari buku, koran, majalah, tabloid dan media internet seperti media online menyampaikan informasi dalam bentuk teks bacaan. Jadi sadari itulah tujuan membaca cepat.

Dapatkan kesan umum dari sebuah buku, artikel pendek, atau artikel
Dapatkan hal-hal tertentu dari berbagai bahan bacaan
Temukan bahan yang akan dibutuhkan dari dalam perpustakaan

Rumus dan Contoh Membaca Cepat

Informasi:

  • Kpm: kecepatan per menit
  • T: Jumlah kata yang dibaca
  • t: waktu dalam hitungan detik
  • 60: Satu detik dalam satu menit
    Contoh:
  • Ami membaca teks dengan hitungan kata 1.000 kata. Kecepatan membaca 5 menit 10 detik. Jadi Ami punya Kpm
  • Q = 1.000 kata
  • t = 5 menit 10 detik atau (5 x 60) + 10 = 310 detik
  • Kpm = 1.000 / 310 x 60 = 193,5 kpm

Fungsi membaca cepat

Hemat waktu membaca
Pengukuran inti dapat ditemukan dalam waktu yang relatif singkat
Meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran

Jika hanya teknik membaca standar yang dapat membuat Anda menjadi yang teratas, Anda dapat menggunakan teknik membaca cepat hingga melebihi 1000 kata / menit. Impresif. Ini lebih dari dua kali kecepatan normal.

Fitur membaca cepat

Baca dengan tenang
Posisi tegak, jangan gelengkan kepala, gelengkan kepala
Jangan baca detailnya

Hal yang Dapat Dilakukan Saat Membaca Cepat

Untuk memahami ide utama dengan cepat dan tepat, Anda perlu sering berlatih menggunakan teknik membaca cepat, baik pemindaian maupun skimming. Jika Anda memahami dan membaca artikel dengan cepat, hasilnya akan benar. Langkah-langkah yang benar untuk membaca dan memahami maknanya adalah sebagai berikut.

  1. Sebelum membaca, persiapkan fisik dan mental Anda.
  2. Bacalah tulisan suci dengan tenang tetapi cepat.
  3. Saat Anda membaca, berikan karakter yang merupakan salah satu gagasan utama dan gagasan utama.
  4. Siapkan stopwatch, atau bisa juga dengan jam tangan yang bisa mengukur kecepatan dan ketepatan dalam membaca.
  5. Bacalah dengan konsentrasi.

Hal yang Harus Dihindari Saat Membaca Cepat

Anda bisa membaca dengan cepat dan akurat jika Anda rajin berlatih. Anda dapat melakukan latihan ini untuk segera memahami beberapa kata yang Anda baca. Selain rajin berlatih, Anda perlu menghindari kebiasaan atau perilaku berikut agar Anda menjadi pembaca yang baik dan cepat.

  • Membaca dengan keras (vokalisasi)
  • Gerakkan bibir.
  • Menunjuk kata jari demi kata.
  • Gerakkan kepala Anda ke kiri dan ke kanan.
  • Kebiasaan selalu kembali melihat kata-kata yang baru saja Anda baca (regresi).
  • Ucapkan kata-kata yang dibaca.

Baca Juga: