Sering Dianggap Sama, Inilah Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Di Indonesia, kucing persia dan kucing anggora merupakan jenis kucing yang paling populer.

Keduanya memang memiliki wajah imut dan bulu yang indah. Tidak heran jika banyak orang tidak bisa membedakan keduanya.

Sering-Dianggap-Sama,-Inilah-Perbedaan-Kucing-Anggora-dan-Persia

 

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman kucing indonesia Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Sebenarnya ada banyak perbedaan antara kucing Angora dan Persia yang bisa Anda lihat. Disini akan kita bahas lebih jelas.

Apa perbedaan kucing Angora dan kucing Persia?

Bagi pecinta kucing, mungkin tidak masalah untuk membedakan keduanya.

Namun bagi orang awam sulit menemukan perbedaan antara kucing Angora dan kucing Persia. Setidaknya ada 5 perbedaan yang harus Anda ketahui sebagai berikut:

1. Bentuk Wajah

Perbedaan yang nyata terlihat dari bentuk wajahnya. Untuk kucing persia wajahnya terlihat bulat dan hidungnya pesek terutama yang jenis Peaknose sedangkan jenis medium juga cukup pesek.

Jika diperhatikan lebih dekat, wajah kucing persia ini agak ceper dibandingkan kucing lainnya, meski tidak ada lekukan di pipi & hidung. Matanya juga unik & variatif dibanding kucing Angora. Mata unik itulah yang membuatnya terlihat imut.

Lain halnya dengan kucing Angora, bentuk & ekspresi wajahnya mirip dengan kucing lokal pada umumnya. Namun, ia memiliki telinga yang lebih runcing & seperti tanduk.

Selain itu, sorot matanya juga sangat tajam. Dibandingkan kucing persia, kucing anggora terlihat lebih galak dan juga gagah.

Meski begitu, wajahnya yang lebih galak tidak membuatnya menakutkan tapi tetap imut dan imut.

2. Bentuk Tubuh

Bagaimana dengan bentuk tubuhnya? Anda pecinta kucing juga harus mengetahui perbedaan bentuk tubuh keduanya.

Perbedaan kucing Angora dan Persia cukup mencolok dari bentuk tubuhnya. Bagi kucing persia, kucing ini terlihat gemuk bahkan bulat seperti bola dari wol.

Ini juga karena kakinya lebih besar dan lebih pendek dari pada kucing Angora. Itulah yang membuat kucing Persia sangat menggemaskan. Padahal, kucing ini juga agak mirip dengan boneka.

Kucing anggora memiliki ciri khas tersendiri. Tubuhnya tidak gemuk dan terlihat lebih ideal. Selain itu, tubuhnya juga lebih panjang. Begitu juga dengan kaki bagian atasnya.

Tubuhnya proporsional dibandingkan kucing Persia. Bahkan bisa dibilang cukup ramping.

Meski tidak gendut seperti kucing persia, namun kucing anggora tetap terlihat imut dan lucu. Itulah perbedaan kucing Persia dan Angora berdasarkan bentuk tubuhnya.

3. Negara Asal

Perbedaan ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun memang aspek ini tetap penting untuk diketahui. Seperti yang bisa kita tebak dari namanya, kucing persia jelas berasal dari Persia yang saat ini berganti ke Iran.

Dulu, kucing jenis ini pernah menjadi hewan peliharaan favorit bangsawan Persia. Kini kucing ini tersebar luas dan populer di seluruh negara di dunia termasuk Indonesia.

Padahal, di Indonesia kucing persia merupakan kucing yang paling digemari para pecinta kucing.

Jika kucing persia berasal dari Persia / Iran maka kucing anggora berasal dari Ankara yaitu di negara Turki. Kucing ini sudah dikenal sejak tahun 1600 dan umumnya dipelihara oleh bangsawan di Ankara Turki saat itu.

Namun layaknya kucing persia, kini kucing anggora sudah banyak dikenal di berbagai belahan dunia, termasuk di negara kita Indonesia.

Baik kucing Angora maupun Persia kini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kucing Indonesia karena sama-sama sangat imut dan lucu.

4. Sifat atau Karakter Kucing

Setiap ras kucing memiliki ciri atau karakter yang berbeda. Begitu pula perbedaan kucing Angora dan Persia bisa dilihat dari sifat atau karakternya.

Berawal dari kucing persia pertama, kucing ini bisa dibilang lebih malas dari pada kucing angora. Pekerjaan kucing persia ini umumnya hanya sekedar makan, tidur, diam, dan malas.

Bahkan dia tidak pernah meminta pemiliknya untuk bermain, mungkin hanya duduk di pangkuan pemiliknya. Kucing yang memiliki bulu tebal dan imut ini sangat suka dibelai. Bisa dibilang, kucing persia adalah kucing yang manja dan suka dimanja.

Berbeda dengan kucing persia, kucing anggora cukup aktif. Mungkin karena badannya yang jauh lebih langsing dibanding kucing persia yang gemuk dan bentuknya bulat.

Kucing Persia memang memiliki perawakan yang ideal. Dengan tubuh langsingnya, ia suka bermain, berlari, melompat bahkan bisa dilatih seperti anjing. Ini tidak terjadi pada kucing Persia.

Tapi kucing Persia menang atas wajah dan tubuhnya yang menggemaskan. Itulah perbedaan kucing persia dan kucing angora jika dilihat dari sifat umumnya.
5. Kelangkaan

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, kucing persia berasal dari Persia yang sekarang menjadi Iran. Namun populasi kucing ini mengalami peningkatan meski banyak yang sudah tidak murni lagi.

Hal ini terjadi karena banyak orang yang mengawinkan kucing Persia dengan kucing jenis lain. Hasil persilangan kucing persia dengan kucing jenis lain cukup bagus bahkan ada yang unik

 

 

Lihat Juga : makanan kucing terbaik