Pertumbuhan Ekonomi: Pengertian, Konsep, Faktor, Teori,Cara

Definisi pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan kemampuan suatu perekonomian untuk menghasilkan barang dan jasa dibandingkan dengan periode waktu sebelumnya.

Pertumbuhan-Ekonomi-Pengertian-Konsep-Faktor-TeoriCara

Mengapa kita membutuhkan peningkatan ekonomi? Apa faktor utama yang mendorong pertumbuhan? Banyak peneliti dan ekonom mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Dapat diasumsikan bahwa pertumbuhan ekonomi merupakan faktor utama pendorong kesejahteraan dan kemakmuran milyaran orang. Industrialisasi dan kemajuan teknologi.

Konsep pertumbuhan ekonomi

Denison (1962) mengemukakan bahwa pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan GDP riil, atau GDP per kapita, peningkatan produk nasional yang diukur dengan harga konstan.

Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh faktor langsung seperti sumber daya manusia (peningkatan populasi aktif, investasi pada modal manusia), sumber daya alam (tanah, sumber daya bawah tanah), peningkatan input modal atau kemajuan teknologi. Kemajuan ekonomi juga dipengaruhi oleh faktor tidak langsung seperti lembaga (lembaga keuangan, administrasi swasta, dll.), Ukuran permintaan agregat, tingkat tabungan dan investasi, efisiensi sistem keuangan, kebijakan anggaran dan fiskal, migrasi tenaga kerja dan modal, dan pemerintah efisiensi.

Penentu pertumbuhan ekonomi

Determinan pertumbuhan ekonomi merupakan faktor-faktor yang saling berhubungan yang berdampak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi, yaitu peningkatan PDB riil suatu perekonomian. Ada 6 penentu utama pertumbuhan. 4 diantaranya dikelompokkan berdasarkan faktor penawaran yang meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia, barang modal dan teknologi. 2 lainnya adalah faktor permintaan dan efisiensi.
Lihat juga: √ Mitos adalah
1. Faktor suplai

Faktor-faktor ini mempengaruhi nilai barang dan jasa dalam suatu perekonomian.

Sumber daya alam.

Sumber daya alam mencakup segala sesuatu yang tersedia di alam dan memiliki nilai ekonomi yang dapat digunakan. Pertumbuhan ekonomi meningkat karena peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya alam. Contoh sumber daya alam yang dapat berdampak besar pada pertumbuhan ekonomi termasuk bahan bakar fosil, logam mulia, lautan, dan satwa liar.

Sumber daya manusia

Sumber daya manusia termasuk tenaga kerja terampil dan tidak terampil. Peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga kerja meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Peningkatan kualitas di sini mengacu pada peningkatan keterampilan pekerja. Ketika lebih banyak orang bekerja, lebih banyak barang dan jasa diproduksi, dan ketika lebih banyak pekerja terampil melakukan pekerjaan mereka, mereka menghasilkan barang dan jasa yang bernilai tinggi.

Barang modal

Barang modal adalah aset berwujud seperti pabrik dan mesin yang dapat melakukan proses yang mengarah pada produksi barang dan jasa lainnya. Barang modal awal membutuhkan investasi besar, tetapi meningkatkan produksi dan tingkat pertumbuhan di masa depan.

teknologi

Teknologi mencakup metode dan proses yang digunakan untuk menghasilkan berbagai barang dan jasa. Dengan berinvestasi dalam penelitian, teknologi baru dapat ditemukan atau teknologi saat ini dapat ditingkatkan secara bertahap. Teknik yang lebih baik sedang dikembangkan yang memungkinkan produksi lebih cepat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.
2. Faktor permintaan

Peningkatan penawaran barang dan jasa karena faktor penawaran harus didukung oleh peningkatan permintaan barang dan jasa dalam perekonomian.
3. Faktor efisiensi

Pencapaian rasio keluaran-ke-masukan yang tinggi adalah hasil dari efisiensi. Efisiensi mencakup efisiensi produktif dan alokatif. Efisiensi tinggi meningkatkan tingkat pertumbuhan yang dikombinasikan dengan lapangan kerja penuh. Untuk mencapai tingkat pertumbuhan maksimum, perekonomian harus menggunakan sumber daya yang tersedia dengan cara termurah, untuk mencapai campuran barang dan jasa yang optimal, dan menggunakan sumber dayanya secara maksimal.

 

 

LIHAT JUGA :

https://teknologia.co.id/
https://butikjersey.co.id/
https://kabarna.id/
https://manjakani.co.id/
https://sewamobilbali.co.id/
https://deevalemon.co.id/
https://cipaganti.co.id/
https://pulauseribumurah.com/
https://pss-sleman.co.id/
https://mitranet.co.id/