Peta adalah: definisi, jenis, komponen, fungsi, tujuan

Peta adalah: definisi, jenis, komponen, fungsi, tujuan

Pahami peta

Kata card berasal dari bahasa inggris yaitu card. Kata kartu juga berasal dari bahasa Yunani yaitu Mappa yang artinya taplak meja atau kain yang menutupi meja. Namun secara umum pengertian peta adalah gambaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang direduksi dengan menggunakan skala tertentu. Studi tentang peta dikenal sebagai kartografi, dan orang-orang yang karyanya membuat peta dikenal sebagai kartografi.

Peta-adalah-definisi-jenis-komponen-fungsi-tujuan

Jenis kartu

Jenis kartu berdasarkan isi data yang disajikan:

1. Peta Ikhtisar

Peta umum adalah jenis peta yang menunjukkan penampakan bumi, terlepas dari apakah itu alam atau budaya. Peta ikhtisar ini dibagi menjadi tiga jenis. Berikut adalah berikut ini

Peta topografi

Peta topografi adalah jenis peta yang menggambarkan permukaan bumi dalam bentuk relief. Representasi relief permukaan bumi pada peta digambar dalam bentuk garis kontur. Garis kontur adalah garis pada peta yang menghubungkan lokasi dengan ketinggian yang sama.

Peta korografi

Peta korografik adalah jenis peta yang merepresentasikan seluruh atau sebagian permukaan bumi. Ini bersifat umum dan biasanya berukuran sedang. Contohnya seperti: pada peta korografik yaitu atlas.

Peta dunia atau geografi

Peta dunia atau geografi adalah jenis peta umum yang berukuran sangat kecil dan mencakup wilayah yang sangat luas.
Lihat juga: √Work Force Is
2. Peta khusus (peta tematik)

Peta kustom (peta tematik) adalah jenis peta yang merepresentasikan informasi yang berkaitan dengan topik tertentu atau spesifik. Contohnya adalah: pada peta politik, peta geologi, peta penggunaan lahan, peta sebaran tempat wisata, peta kepadatan penduduk, dll.

Jenis peta berdasarkan sumber data:

1. Peta turunan

Peta turunan merupakan jenis peta yang didasarkan pada referensi peta yang ada sehingga tidak memerlukan penelitian lapangan secara langsung.
2. Peta Induk

Kartu master adalah jenis kartu yang dihasilkan dari survei lapangan langsung.
Komponen kartu

Ada beberapa komponen kartu. Berikut penjelasannya
1. Judul peta

Kartu tersebut harus diberi judul atau identitas yang mengidentifikasi isi kartu. Umumnya, judul peta berada di tengah atas dan di luar garis luar. Ukuran font untuk judul harus disesuaikan dengan ukuran kartu.
2. Mata angin (arah)

Poin utama harus terdaftar di peta untuk menemukan arah utara, selatan, barat, dan timur di peta.
3. Skala peta

Skala peta merupakan komponen yang sangat penting dalam peta karena fungsinya untuk menunjukkan perbandingan antara jarak sebenarnya dengan jarak pada peta.
Simbol ke-4

Simbol yang digunakan ditentukan pada peta ikhtisar, mis. B. simbol untuk kota, ibu kota negara bagian, kereta api dan sungai. Ada juga pada peta tematik, simbol yang digunakan memiliki ketentuan sesuai dengan temanya. Secara umum simbol dibedakan menjadi empat kelompok yaitu simbol untuk titik, garis, daerah atau bidang dan warna.
5. Legenda

Legenda adalah kunci untuk membaca peta karena memberikan informasi tentang simbol di peta. Legenda biasanya terletak di kiri atau kanan bawah peta di dalam garis besar.
Lihat juga: √ Perusahaan perdagangan: definisi, jenis, karakteristik, istilah, contoh
6. Garis astronomi

Garis astronomi meliputi lintang dan bujur. Garis digunakan untuk menentukan posisi absolut suatu objek pada peta utama. Koordinat garis astronomi biasanya diwakili oleh garis pendek yang melintasi garis luar.
Batas 7

Garis luar adalah garis yang membatasi ruang peta, biasanya berbentuk persegi panjang.
8). Sumber peta

Sumber kartu harus diberikan untuk meyakinkan pengguna bahwa kartu tersebut berasal dari instansi atau lembaga yang bertanggung jawab atas pembuatan kartu.
9. Tahun pembuatan

Tahun pembuatan peta menentukan kapan peta dibuat. Tahun pembuatan peta ini penting, terutama untuk peta yang properti datanya terus berubah.
Fungsi peta

Secara umum, fungsi peta dapat ditutup sebagai berikut:

Menunjukkan lokasi atau keberadaan suatu tempat di permukaan bumi.
Menampilkan ukuran (luas, jarak) dan arah suatu lokasi di permukaan bumi.
Misalnya, gambarkan bentuk-bentuk di permukaan bumi; B. benua, negara, gunung, sungai, dll.
Membantu peneliti sebelum melakukan survey untuk mengetahui kondisi kawasan yang diteliti

 

Baca Juga :