Propaganda adalah: definisi, jenis, sifat, metode, contoh

Propaganda adalah: definisi, jenis, sifat, metode, contoh

Definisi propaganda

Propaganda adalah suatu bentuk komunikasi dalam bentuk seni permainan kata-kata yang digunakan oleh kelompok-kelompok yang terorganisir dengan tujuan untuk menciptakan partisipasi aktif atau pasif guna menyampaikan kebenaran menurut versi propaganda dengan cara meyakinkan untuk mengungkapkan pendapat, sikap, dan perilaku masyarakat yang ingin berubah. atau mempengaruhi masyarakat atau memperkenalkan kelompok sasaran atau hal – hal baru.

Propaganda-adalah-definisi-jenis-sifat-metode-contoh

Istilah propaganda berasal dari bahasa neo-latin yaitu Propagandus atau Propagare yang artinya diseminasi, pengembangan atau diseminasi. Kata propaganda pertama kali muncul dalam tulisan CONGREGATIO DE PROPAGANDA FIDE pada tahun 1622, ketika Paus Gregorius XV. Mendirikan organisasi yang bertujuan untuk memecah dan mengembangkan Katolik Roma di Italia dan negara-negara lain.
Pengertian dakwah menurut para ahli

Menurut Drs. R.A. Santoso Sastropoetro

Propaganda adalah penyebarluasan pesan yang direncanakan dengan matang terlebih dahulu untuk mengubah sikap, sudut pandang, pendapat dan perilaku penerima komunikasi sesuai dengan pola yang ditetapkan oleh komunikator.

Jenis propaganda

Berikut adalah jenis-jenis dakwah, yaitu:

Propaganda putih

Ini adalah jenis propaganda yang dikenal sebagai validitas dan kebenaran cerita atau pesan yang disampaikan. Jenis propaganda ini umumnya melalui saluran-saluran yang dimonopoli oleh pemerintah. Semua informasi menawarkan manfaat dan menggarisbawahi kebaikan pemerintah.
Propaganda hitam

Jenis propaganda ini adalah jenis propaganda terselubung atau terselubung dan memberikan sumber informasi yang salah atau tidak benar. Para propagandis ini juga akan menyebarkan informasi palsu dan memberikan kesan yang salah kepada tersangka atau negara tertuduh.
Propaganda abu-abu

Jika jenis propaganda yang tidak sesuai dengan informasi atau berita yang disebarluaskan, jenis propaganda tersebut umumnya tidak diketahui oleh penyebar informasi yang menyebarkan informasi tersebut. Saat informasi disebarluaskan, kita jarang mengetahui identitas pengumuman tersebut. Jenis propaganda ini juga merupakan kebiasaannya menolak kekejaman orang-orang yang memiliki kekuatan besar.
Rasio propaganda

Ini semacam propaganda positif, jenis propaganda ini lebih tentang mengintegrasikan keduanya dan menciptakan nama baik. Selain itu, hal itu mempromosikan ikatan persahabatan dan meningkatkan moral dari sesuatu yang sedang menyebar.

Metode propaganda

Berikut cara dakwahnya yaitu:

Metode koersif

Komunikasi yang menakuti komunikan sehingga secara tidak sadar dia bertindak sesuai dengan keinginan komunikator.
Metode yang meyakinkan

Suatu komunikasi yang menimbulkan perasaan ingin menjadi sukarelawan bagi komunikator sehingga secara tidak sadar ia dapat segera bertindak sesuai dengan keinginan komunikator.
Metode penetrasi

Suatu komunikasi melalui penyebaran pesan yang dilakukan secara terus menerus atau berulang-ulang kepada komunikator agar dapat meniru atau menjadi bagian dari apa yang diinginkan komunikator.

Sifat Propaganda

Berikut adalah ciri-ciri dakwah, yaitu:

Komunikator atau orang yang dilembagakan / kelembagaan yang menyampaikan pesan dengan konten dan tujuan tertentu.
Komunikator atau penerima pesan diharapkan menerima pesan tersebut dan kemudian melakukan sesuatu sesuai dengan pola yang telah ditetapkan oleh komunikator.
Kondisi dan situasi dimana kegiatan dakwah dapat dilakukan.
Politik propaganda atau politik yang menentukan isi dan tujuan yang ingin dicapai.
Sarana atau sarana yang tepat dan sesuai atau sesuai dengan situasi komunikan.
Pesan tertentu yang telah disandikan atau diucapkan untuk mencapai tujuan efektifnya.
Teknik-teknik yang seefektif mungkin yang dapat menghasilkan efek yang tepat dan mendorong komunikator untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan atau pola yang ditetapkan oleh komunikator.

 

 

 

LIHAT JUGA :

https://vhost.id/
https://busbagus.co.id/
https://zalala.co.id/
https://namabayi.co.id/
https://jilbabbayi.co.id/
https://multi-part.co.id/
https://mvagusta.co.id/
https://penirumherbal.co.id/
https://montir.co.id/
https://duniabudidaya.co.id/