Apakah Anda yakin akun Anda aman? Simak 6 tips membuat password yang aman di bawah ini!

Apakah Anda yakin akun Anda aman? Simak 6 tips membuat password yang aman di bawah ini!

Apakah Anda yakin akun Anda aman? Simak 6 tips membuat password yang aman di bawah ini!

Memasuki era digital berarti ada jenis kejahatan baru yang harus diwaspadai. Cyber ​​crime atau kejahatan dunia maya inilah yang harus diwaspadai. Alasannya adalah bahwa miliaran perangkat terhubung ke akun yang berbeda selama waktu ini. Informasi pribadi Anda tentu saja bisa menjadi korban. Mungkin sebagian dari Anda pernah menjadi korban tangan-tangan licik menggunakan akun media sosial pribadi Anda, email atau bahkan akun belanja online.

Insiden akun pribadi berpindah tangan atau diretas adalah hal biasa di seluruh dunia. Kasus pembajakan akun diketahui tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di Amerika tim khusus sudah bekerja untuk mengatasinya. Pada Desember 2017, Forbes menyebut 1,4 miliar akun diretas. Angka-angka yang cukup mengagumkan, bukan?

Parahnya lagi, 1,4 miliar detail akun ini tersebar di situs-situs gelap yang tidak bisa dilacak oleh siapapun. Mengerikan bukan? Bukan hanya nama pengguna, akun yang diretas juga disertai dengan kata sandi. Menurut hasil pencarian 4iQ, akun yang tersebar ini berasal dari Betflix, LinkedIn, game online Minecraft dan Runescape.

Kejadian seperti ini jelas akan membuat Anda malas bermain media sosial atau berbelanja online. Mungkin hal pertama yang akan Anda salahkan adalah perusahaan. Sedangkan sistem keamanan, seperti password, ada di tangan Anda sendiri dan sampai saat ini Anda menganggap hal ini sebagai hal yang sepele. Nah, pemikiran itu salah besar. Kata sandi adalah yang paling penting karena merupakan perlindungan pertama untuk akun Anda di dunia maya.

Jadi jangan asal-asalan dalam membuat password untuk akun media sosial, email atau akun belanja online Anda. Untuk mencegah kasus peretasan, Anda dapat membuat kata sandi yang kuat yang tidak mudah diretas. Mari kita periksa segera apakah kata sandi akun Anda kuat atau tidak. Berikut adalah 6 tips untuk membuat kata sandi yang kuat yang dapat Anda gunakan segera!
1. Jangan gunakan kata sandi di banyak akun
Kiat untuk membuat kata sandi yang aman
Gambar: Pinterest

Saya sudah membuat kata sandi yang sangat panjang dan saya yakin itu tidak diretas oleh peretas, tetapi saya masih menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun. Ini tentu saja hal yang sangat sia-sia karena setiap akun harus memiliki kata sandi otentiknya sendiri. Jadi jangan sampai akun penting Anda menggunakan alamat email yang sama.

Menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun sangat salah dan tidak ada gunanya. Jika Anda masih memiliki kebiasaan seperti itu, ada baiknya Anda mulai mengubahnya. Coba lagi untuk membuat kata sandi yang panjang tapi mudah diingat. Jangan gunakan kutipan populer atau informasi pribadi Anda saat membuat kata sandi baru.
2. Buat kata sandi yang panjang
Kiat untuk membuat kata sandi yang aman
Gambar: Sedang

Pernahkah Anda mendengar bahwa semakin panjang kata sandi, semakin sulit bagi peretas untuk membobol akun Anda? Beberapa profesional TI menyarankan untuk membuat kata sandi yang lebih panjang. Misalnya, kata sandi 9agcZ membutuhkan waktu 16 menit untuk dibuka, sedangkan 9agcZEM7H membutuhkan waktu 26 tahun, atau 78 kali lebih lama.

Hindari kata sandi yang pendek, misalnya hanya 5 karakter, berapa lama paling banyak peretas dapat membobol akun pribadi Anda. Tidak ada salahnya menambahkan karakter pada setiap kata sandi Anda karena semakin panjang kata sandi, semakin baik perlindungan akun Anda!
3. Coba buat kata sandi menggunakan frasa
Kiat untuk membuat kata sandi yang aman
Gambar: Pinterest

Seperti dibahas di atas, semakin panjang kata sandi, semakin baik. Namun tentu saja, tidak semua orang dapat mengingat kata sandi yang sangat panjang. Cara mudahnya adalah dengan mencoba membuat kata sandi dengan frasa sehari-hari agar lebih mudah diingat.

Misalnya saya membeli rumah seharga 300 juta atau bekerja di toko dari 207. Anda bisa mengingat hal-hal sederhana ini, kan, langkah selanjutnya adalah mempersingkat kata sandi dengan hanya mengambil kata pertama. Jadi untuk contoh pertama password berubah menjadi sbr300j dan yang kedua menjadi kdsbmt2017. Nah, kata sandi itu pasti sulit ditebak karena terlalu acak. Dengan membentuk kalimat panjang yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, juga membantu Anda untuk mengingat kata sandi akun Anda dan tidak mudah melupakannya.

Sumber :