Wawancara adalah: teknik, jenis, kelebihan, metode dan contoh

Wawancara adalah: teknik, jenis, kelebihan, metode dan contoh

Pentingnya wawancara adalah

Wawancara merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi dari nara sumber dengan cara mengajukan pertanyaan kepada narasumber tentang topik tertentu.

Wawancara-adalah-teknik-jenis-kelebihan-metode-dan-contoh

Wawancara merupakan kegiatan yang memungkinkan kita mendapatkan informasi tentang suatu topik. Wawancara dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada narasumber tentang suatu topik daripada menggunakan survei atau formulir. Jika Anda memilih sumber yang tepat dan mengajukan pertanyaan yang tepat, wawancara dapat menjadi sumber penting untuk menyajikan informasi tentang suatu topik.

Narasumber dalam wawancara dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu narasumber primer sebagai pihak yang mengetahui detail suatu peristiwa atau topik secara langsung dan narasumber sekunder yang mengetahui atau pernah mengalami informasi dari pihak lain.
Pahami wawancara oleh para ahli

Menurut Lexy J. Moleong

Wawancara adalah percakapan dengan tujuan. Dalam metode ini peneliti dan responden secara langsung (tatap muka) menolak untuk mengumpulkan informasi secara lisan untuk mendapatkan data yang dapat menjelaskan masalah penelitian.

Menurut Charles Stewart dan W.B. kotak uang

Pengertian wawancara adalah proses interaksi dengan tujuan serius yang mempunyai maksud dan tujuan untuk bertukar tingkah laku dan melibatkan kegiatan tanya jawab.

Menurut Denzig

Wawancara dipandu oleh aktivitas dan merekam percakapan atau percakapan tatap muka di mana satu orang menerima informasi dari orang lain.

Menurut Robert Kahn dan Channel

Wawancara adalah pola interaksi tertentu yang dimulai secara lisan untuk tujuan tertentu dan berfokus pada area konten tertentu, menghapus materi yang tidak memiliki hubungan permanen.

Menurut Koentjaraningrat

Wawancara adalah cara yang digunakan untuk tugas tertentu, mendapatkan informasi, dan membentuk responden secara lisan untuk komunikasi tatap muka.

Menurut Sugiyono

Interviewing adalah teknik pengumpulan data terstruktur atau tidak terstruktur dan dapat dilakukan secara tatap muka atau melalui jaringan telepon.

Menurut Arikunton

Wawancara merupakan dialog yang dilakukan pewawancara untuk memperoleh informasi dari hasil wawancara.
Jenis wawancara

Jenis wawancara berikut adalah sebagai berikut:

Wawancara tertutup

Wawancara tertutup merupakan kegiatan wawancara yang dilakukan secara tertutup. Pewawancara harus menyimpan atau merahasiakan nama atau informasi tentang sumber dengan memalsukan atau menggunakan inisial orang yang diwawancarai. Wawancara tertutup juga dapat diartikan sebagai wawancara yang pertanyaannya terbatas dan jawabannya tersedia dalam bentuk pilihan. Contohnya adalah wawancara dengan kuesioner.

Wawancara terbuka

Wawancara ini berbeda dengan wawancara tipe tertutup yaitu wawancara yang dilakukan tanpa informasi rahasia tentang sumbernya dan juga menyertakan pertanyaan tak terbatas atau independen. Contohnya adalah wawancara yang meminta narasumber untuk memberikan penjelasan lengkap tentang suatu masalah.

Wawancara konferensi

Wawancara konferensi adalah wawancara yang dilakukan oleh pewawancara dengan berbagai narasumber dan sebaliknya. Contohnya termasuk wawancara di televisi atau acara bincang-bincang, wawancara yang dilakukan oleh pewawancara dengan berbagai sumber di acara formal atau diskusi publik, dan telepon konferensi yang dilakukan terutama di siaran berita.

Wawancara kelompok

Wawancara kelompok adalah wawancara yang dilakukan oleh sejumlah pewawancara dengan nara sumber dan dilakukan secara bersamaan. Ini hampir sama dengan wawancara konferensi, tetapi dalam wawancara kelompok pertanyaan yang diajukan oleh setiap pewawancara berbeda. Contohnya adalah wawancara dengan artis, pegawai negeri, atau grup band yang sedang pentas atau terkena skandal.

Wawancara individu

Wawancara tatap muka adalah wawancara yang dilakukan dari wawancara dengan narasumber. Wawancara ini juga dikenal sebagai wawancara individu. Contohnya adalah wawancara yang dilakukan oleh jurnalis yang mencari berita.

Wawancara terpandu

Wawancara ini disebut juga sebagai wawancara terstruktur. Jenis wawancara ini biasanya menggunakan beberapa pertanyaan yang telah disiapkan sebelumnya baik oleh pewawancara maupun nara sumber. Contohnya adalah wawancara yang sering dilakukan dalam acara talkshow dengan topik khusus untuk narasumber seperti dokter, polisi, guru dan lain-lain.

Wawancara gratis

 

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/bokeh/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/bokeh/

https://www.sudoway.id/bokeh/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/alight-motion-pro/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/aplikasi-efek-bokeh/

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/alight-motion-pro-apk/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/alight-motion-pro/

http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/bokeh/

http://ayurf.blog.unjaniyogya.ac.id/bokeh/

http://pgpaud.fip.unp.ac.id/10-aplikasi-video-bokeh-android/